IKA-KM > Portal > Bersama FIAKSI, IKA-KM Siap Mengusung Filosofi 3K

Bersama FIAKSI, IKA-KM Siap Mengusung Filosofi 3K

Oleh admin, dibaca 1,338 kali

Mungkin belum banyak yang mengenal ”FIAKSI”. FIAKSI adalah organisasi yang anggotanya merupakan anggota ikatan alumni fakultas-fakultas kedokteran yang ada di Indonesia. FIAKSI adalah singkatan dari Forum Ikatan Alumni Kedokteran Seluruh Indonesia, yang mengusung filosofi “Tiga K” (3K): Kesantunan, Kesejawatan, dan Kebersamaan. Forum ini terbentuk atas dasar keresahan para dokter-dokter senior kita akan berkurangnya nilai kesantunan, kesejawatan dan kebersamaan dalam profesi ini, yang bila dibiarkan dapat memicu perselisihan atau bahkan perpecahan antar sejawat.

Banyak faktor yang dapat memengaruhi keadaan ini, seperti pada masa pendidikannya, nilai-nilai pembentukan karakter dan kepribadian calon dokter belum begitu ditekankan, serta belum memunculkan nilai kesejawatan. Oleh karena itu, pembekalan kesantunan dan etika profesi pada tahap pendidikan calon dokter masih perlu ditingkatkan.
FIAKSI mengambil inisiatif sebagai penggelora, menstimulus tumbuhnya semangat filosofi 3K. Berbagai faktor yang dapat memengaruhi menurunnya kadar kesejawatan dan kebersamaan dokter perlu dihindari, perlawanan perlu dilakukan secara kolektif dengan budaya kolaboratif antar universitas/FK, RS pendidikan, perhimpunan profesi dan kolegium. Mempertahankan kebersamaan, harus bersabar dan terus-menerus berupaya menghilangkan setiap butir penghalang tersebut.

Adapun visi dan misi FIAKSI yaitu :

Visi

  • Menjadikan FIAKSI sebagai organisasi yang mampu mengembalikan dan mengeratkan rasa kebersamaan, kesantunan, dan kesejawatan antar sesama dokter serta menunjang pembentukan karakter dokter Indonesia.

Misi

  • Melakukan koordinasi dan komunikasi secara berkesinambungan antar Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Seluruh Indonesia guna mewujudkan jejaring alumni yang kuat.
  • Melaksanakan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan pembinaan karakter alumni Fakultas Kedokteran seluruh Indonesia secara konsisten dan berkesinambungan.
  • Menyuarakan aspirasi, mengupayakan kesejahteraan, dan memberikan perlindungan kepada segenap anggota.
  • Mengembangkan peranan yang bermakna dalam meningkatkan mutu pendidikan kesehatan, pengembangan riset dan keilmuan, serta praktek kesehatan yang mampu meningkatkan kualitas kesehatan rakyat Indonesia.

(Dikutip dari : Materi Rapat Koordinasi Fiaksi Wilayah Barat,
Padang 11 Maret 2107. Oleh Dr. Doddy Partomihardjo, Sp.M.)

Artikel bermanfaat? bagikan ke Facebook, Twitter dan Google+